Dosen UNJ Ajari Ibu-ibu Format Belajar Masyarakat

139

WARTABUANA – Guna meningkatkan peran masyarakat dalam proses pendidikan, Tim Dosen bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar pelatihan tentang asesmen kebutuhan belajar masyarakat untuk ibu rumahtangga yang tergabung dalam  Tim  Penggerak PKK di Cipinang Besar Selatan Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut Elais Retnowati, dosen UNJ sekaligus pelaksana kegiatan memaparkan bahwa kader-kader PKK memiliki peran strategis dalam peningkatan pendidikan di masyarakat. Sehingga harus dibekali berbagai teknik dan cara atau asesment dalam pemilahan kebutuhan belajar masyarakat.

“Pelatihan tentang cara melakukan asesmen kebutuhan belajar masyarakat merupakan pemberian pengetahuan dan keterampilan pada Kader PKK agar dapat merancang program-program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar masyarakat,” ujar Elais, saat penutupan acara Selasa (10/12/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua kali, yakni 11 dan 25 September ini disambut baik oleh ibu-ibu PKK. Ketua PKK Cipinang Besar Selatan, Yudha Asmarani, bahwa kegiatan ini sangat membantu kader PKK untuk menyiapkan model belajar bagi masyarakat.

“Kami benar-benar diberi pengetahuan baru terkait model dan cara belajar yabg disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Sudah semestinya dosen dan mahasiswa memberi pemahaman kepada kami sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi,” papar Yudha Asmarani.

Materi yang diberikan adalah tentang penggunaan format asesmen kebutuhan belajar di masyarakat dan dilanjutkan dengan praktek melakukan peer asessment. Adapun peserta kegiatan adalah ibu-ibu Kader PKK Kelurahan CBS sebanyak 40 orang.

Narasumber dan fasilitator kegiatan ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Masyarakat sebanyak 6 orang. Mereka adalah mahasiswa semester 7 yang sedang melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan di Kelurahan CBS.[]