Hadapi Covid-19, Sejumlah Seniman dan Aktivis Hadirkan Gerakan Rp1000 untuk Indonesia

50

WARTABUANA – Pandemi Covid-19 melahirkan rasa empati dan kebersamaan antar anak bangsa. Beragam cara menggalang donasi untuk membantu meringankan beban pemerintah dilakukan banyak komunitas, salah satunya Gerakan Rp1000 untuk Indonesia.

Pembentukan Gerakan Rp1000 untuk Indonesia yang digagas Muhanto Hatta, Kris Tjantra, Carl Ideas dan Harry Koko Santosa ini berawal dari keprihatinan akan banyaknya pekerjaan yang muncul untuk melawan Covid-19.

Mulai dari melengkapi kebutuhan team medis, menyebar tempat cuci tangan, sampai membantu pihak-pihak yang tidak berpenghasilan selama masa karantina dan juga sosialisasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Gerakan ini harus dilakukan serentak, cepat, tepat dan tentu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. “Gerakan Rp1000 untuk Indonesia memanggil setiap anak bangsa dari Sabang sampai Merauke untuk ikut menyingsingkan lengan baju dan bersama-sama bergandengan tangan bahu membahu membela negara melawan Covid-19, ” ujar Kris Tjantra.

“Di bawah bendera Merah Putih kita bergerak bersama. Tidak memandang suku, agama, ras, partai politik atau golongan. Siapa pun kita, tua muda, pelajar, mahasiswa, pegawai, entrepreneur, ibu rumah tangga, petani, nelayan, buruh, dokter, bidan, perawat, dll, kita dipanggil secara pribadi oleh Ibu Pertiwi untuk berbuat sesuatu bagi Tanah Air ini, bagi Indonesia yang lebih sehat dan maju,” papar Muhanto Hatta.

Lebih lanjut Muhanto Hatta juga menjelaskan bahwa Gerakan Rp1000 untuk Indonesia ini merupakan wujud perjuangan dalam satu jiwa yang sama yakni jiwa persatuan, gotong royong dan solidaritas kemanusiaan yang hakikinya ini adalah jati diri bangsa Indonesia.

Gerakan Rp1000 untuk Indonesia kali ini difokuskan untuk turut serta dalam penanggulangan pandemi Covid-19, dengan bekerja sama dan mengikuti arahan BNPB. “Seusai bersama berhasil menuntaskan Covid-19, gerakan ini akan terus aktif berpartisipasi dalam permasalahan-permasalahan sosial yang mungkin muncul di kemudian hari,” jelas Harry Koko.

Partisipasi masyarakat dalam bentuk donasi sangat diharapkan Untuk ikut menjadi bagian dari gerakan ini, donasi bisa dikirimkan ke Bank BNI No. Rek 320.420.520.2 a/n Gerakan 1000 Untuk Indonesia.

“Kami berharap teman-teman dari berbagai provinsi untuk mendukung sekaligus menyebarkan semangat ini di daerah mereka masing-masing,” ajak Carl Ideas.[]