Pusat Studi Jepang UI Gelar Diskusi Seni Budaya

43

WARTABUANA – Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan diskusi, workshop dan pertunjukan seni dengan tema “Seni dalam Lintas Budaya Indonesia-Jepang” pada hari Rabu (20/11/2019) di auditorium Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, Kampus baru UI Depok.

Dalam kegiatan ini, Pusat Studi Jepang UI mengundang dua narasumber Ratna Riantiano (aktris, manajer pentas, pendiri Teater Koma) dan Saras Dewi (dosen Departemen Filsafat FIB UI) dan dua kelompok kesenian JJC Balinese Gamelan Club (kelompok gamelan yang anggotanya adalah gabungan pemain Jepang dan Indonesia) dan U-maku Eisa Shinka Indonesia (kelompok beduk Jepang yang semua anggotanya adalah pemain Indonesia).

Pada sesi pagi, kegiatan ini akan diawali dengan diskusi bersama Ratna Riantiarno dan Saras Dewi mengenai hakekat berkesenian dan seni yang menembus batas-batas perbedaan dan sharing pengalaman dari anggota JJC Balinese Gamelan Club dan U-maku Eisa Shinka Indonesia mengenai bagaimana mereka tertarik mempelajari seni budaya dari Indonesia maupun Jepang.

Diskusi itu juga  menjadi ajang share pengalaman berkesenian yang membuat mereka menjadi semakin memahami budaya yang berbeda dari budaya asal mereka. Pada sesi siang, peserta acara akan menyaksikan pertunjukan seni dari JJC Balinese Gamelan Club dan U-maku Eisa Shinka Indonesia. Acara akan dilanjutkan dengan workshop oleh kedua kelompok kesenian.

Kegiatan diskusi, workshop dan pertunjukan seni “Seni dalam Lintas Budaya Indonesia- Jepang” diadakan untuk memahami budaya Indonesia dan Jepang secara lebih mendalam, membuka dialog lintas budaya Indonesia-Jepang, dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang melalui kegiatan seni. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh The Japan Foundation dan terbuka untuk mahasiswa dan umum serta tidak dipungut biaya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi: Mega (0856-4245-8516), link pendaftaran: bit.ly/DiskusiSeniPSJUI[]