China Tingkatkan Manajemen Transportasi Komprehensif dengan BDS

63

WARTABUANA – Sistem Satelit Navigasi BeiDou (BeiDou Navigation Satellite System/BDS) China telah secara luar biasa meningkatkan manajemen lalu lintas komprehensif di negara itu dalam hal efisiensi dan keselamatan, menurut laporan terbaru.

BDS dan teknologi terkait diterapkan secara luas di semua bidang utama di sektor transportasi China, kata laporan tentang pembangunan dan pengembangan BDS yang dirilis oleh Kantor Navigasi Satelit China.

Sebuah roket pengangkut yang membawa satelit terakhir dari Sistem Satelit Navigasi BeiDou (BDS) meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 23 Juni 2020. (Xinhua/Jiang Hongjing)

BDS diterapkan di banyak bidang seperti pemantauan proses transportasi utama, pemantauan keamanan infrastruktur jalan raya, penentuan posisi waktu nyata berpresisi tinggi, dan pemantauan pengiriman, kata laporan itu.

Hingga akhir Oktober, sekitar tujuh juta kendaraan jalan raya komersial telah dilengkapi dengan BDS, yang mencakup 96 persen dari kendaraan jalan raya yang beroperasi.

Sebanyak 31.400 kendaraan pengiriman ekspres dan pos juga menerapkan BDS, sekitar 88 persen dari jumlah keseluruhan, menurut laporan tersebut.

China mengumumkan pengoperasian resmi BDS pada 31 Juli, menandai pembukaan resmi sistem BDS-3 untuk pengguna global. [Xinhua]