Dua Astronaut Lakukan Spacewalk Untuk Pasang Perangkat Modifikasi Panel Surya

33

WARTABUANA – Astronaut badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, Kate Rubins dan astronaut Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) Soichi Noguchi pada Jumat (5/3) melakukan aktivitas berjalan di luar angkasa (spacewalk) berdurasi 7 jam guna memasang perangkat modifikasi panel surya.

Dalam aktivitas spacewalk keempat pada tahun ini di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) tersebut, kedua astronaut berhasil merampungkan pemasangan perangkat modifikasi yang diperlukan untuk peningkatan panel surya mendatang, menurut NASA.

NASA memperbesar enam dari delapan saluran daya yang sudah ada di ISS dengan panel tenaga surya baru, yang akan dikirimkan pada misi layanan pasokan komersial ke-22 SpaceX.

Panel tenaga surya baru tersebut akan meningkatkan total daya ISS yang tersedia dari 160 kilowatt menjadi 215 kilowatt, serta memastikan pasokan daya yang cukup untuk demonstrasi teknologi eksplorasi NASA untuk misi Artemis dan misi-misi berikutnya, ungkap NASA.

Para awak stasiun luar angkasa ISS telah melakukan 236 aktivitas spacewalk untuk membantu upaya perakitan dan pemeliharaan laboratorium pengorbit itu, papar NASA. [Xinhua]

Baca Juga :  Wow Bocah Usia 2 Tahun Ini Hafal 196 Ibukota Negara