Pernyataan Presiden China Xi Jinping tentang perlindungan hak perempuan

19
Para tenaga medis dari Beijing ambil bagian dalam sebuah perayaan di Hotel Mingde di Distrik Caidian di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 8 Maret 2020. (Xinhua/Cai Yang)

WARTABUANA –  Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional, Presiden China Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat dan harapan terbaiknya kepada seluruh kaum perempuan di China dari semua kelompok etnis dan lapisan masyarakat.

Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China dan Ketua Komisi Militer Pusat, menyampaikan ucapan tersebut pada Sabtu (6/3) ketika menghadiri pertemuan kelompok dalam sesi tahunan keempat Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China ke-13, badan penasihat politik tertinggi negara itu.

Xi berbicara tentang perlindungan hak dan pengembangan kaum perempuan dalam berbagai kesempatan. Berikut adalah beberapa sorotan dari pidatonya:

— Dalam perjuangan melawan COVID-19 yang masih berlangsung, para tenaga medis dan petugas pengendali epidemi, peneliti, petugas komunitas dan sukarelawan wanita, dengan berani menghadapi bahaya dan bekerja sepanjang waktu, untuk berjuang di garis depan pertempuran. Dengan dedikasi dan kecerdasannya, mereka telah menulis epos heroik tentang menyelamatkan orang-orang dan melindungi jiwa-jiwa. Mereka sungguh pantas mendapatkan kekaguman kita.

— Kesetaraan antara laki-laki dan perempuan adalah kebijakan dasar negara di China.

— Perjalanan kita masih panjang dan diperlukan usaha yang sangat keras untuk membangun dunia tempat perempuan bebas dari diskriminasi, dan masyarakat dengan pembangunan yang inklusif.

— Wanita adalah pencipta kekayaan materi dan spiritual, dan mewakili kekuatan penting yang mendorong perkembangan dan kemajuan sosial. Tanpa perempuan, tidak akan ada keberlangsungan umat manusia maupun masyarakat manusia.

— Di saat rakyat China mengejar kehidupan yang lebih baik, setiap perempuan di China memiliki kesempatan untuk unggul dalam kehidupan dan mewujudkan mimpi-mimpinya.  [Xinhua]