PM China Tekankan Pembangunan Sosial dan Ekonomi yang Sehat dan Berkelanjutan

32

WARTABUANA – Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang pada Sabtu (6/3) menekankan untuk meningkatkan kepercayaan diri, tetap maju menghadapi berbagai tantangan ke depan, serta memastikan pembangunan ekonomi dan sosial yang sehat dan berkelanjutan.

Pernyataan tersebut disampaikan Li, dalam pembahasan kelompok bersama para anggota parlemen dari Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi mengenai laporan kerja pemerintah pada sesi keempat Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-13. NPC merupakan badan legislatif nasional China.

Perdana Menteri China Li Keqiang menyampaikan laporan kerja pemerintah pada pertemuan pembukaan sesi keempat Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-13 di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 5 Maret 2021. (Xinhua/Ding Lin)

Sejumlah upaya harus dilakukan untuk mengoordinasikan respons COVID-19 serta pembangunan ekonomi dan sosial mengingat situasi domestik dan internasional masih terdampak parah tahun ini, kata Li.

Li menyerukan pemahaman yang akurat tentang tahap pembangunan baru, penerapan penuh filosofi pembangunan baru, dan penciptaan paradigma pembangunan baru untuk mendorong pembangunan berkualitas tinggi dan menjaga operasional perekonomian tetap berada dalam kisaran yang sesuai.

Sang PM menekankan upaya untuk memperdalam reformasi, memperkuat suntikan energi pada entitas pasar, membuka potensi permintaan domestik selebar-lebarnya, dan memajukan keterbukaan tingkat tinggi.

Dia juga mendesak adanya langkah-langkah dalam mendorong pembangunan ramah lingkungan, mengonsolidasikan hasil pengentasan kemiskinan, dan memajukan vitalisasi pedesaan.  [Xinhua]

Baca Juga :  Badrodin Resmi Kapolri