Presiden Xi Jinping Tekankan “Prioritas Strategis” Untuk Jaga Kesehatan Masyarakat

23

WARTABUANA  –  Presiden China Xi Jinping pada Sabtu (6/3) menekankan untuk memberikan “prioritas strategis” demi menjaga kesehatan masyarakat ketika dia bergabung dengan para penasihat politik nasional dari sektor pendidikan, medis dan kesehatan dalam sebuah pertemuan kelompok bersama.

Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China dan Ketua Komisi Militer Pusat, menyerukan upaya untuk fokus mengatasi penyakit dan masalah utama yang memengaruhi kesehatan masyarakat.

Jaringan perlindungan kesehatan publik di China harus diperkuat dan upaya harus dilakukan untuk mempromosikan pengembangan rumah sakit umum berkualitas tinggi, tuturnya, menuntut perawatan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat di semua tahap kehidupan.

Pertemuan tersebut digelar dalam sesi keempat Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China ke-13, badan penasihat politik tertinggi.

Menyebutkan bahwa China telah menorehkan prestasi yang diraih dengan susah payah selama setahun terakhir, Xi memuji para tenaga kesehatan karena “mendirikan dinding besi” melawan COVID-19 di saat kritis.

Perang melawan COVID-19 sekali lagi membuktikan bahwa pencegahan adalah strategi kesehatan yang paling ekonomis dan efektif, kata Xi, menyerukan reformasi dan peningkatan sistem pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut.

Dia mendesak berbagai upaya untuk memperkuat kemampuan pemantauan awal dan peringatan dini, tes cepat, tanggap darurat dan perawatan komprehensif.

Menekankan peran “kekuatan utama” rumah sakit umum dalam memerangi COVID-19, Xi menyerukan penguatan pembangunan institusi medis dan kesehatan publik.

Infrastruktur kesehatan di tingkat akar rumput harus ditingkatkan dan kebijakan dukungan untuk dokter pedesaan harus dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas akar rumput dalam pencegahan dan pengobatan penyakit, paparnya, menyerukan upaya untuk memperdalam reformasi sistem medis dan perawatan kesehatan.

Xi juga mendesak pelestarian dan pengembangan pengobatan tradisional China dan terobosan dalam teknologi inti di bidang-bidang utama, serta lebih banyak perlindungan, perhatian, dan dukungan untuk tenaga kesehatan.  [Xinhua]

Baca Juga :  Petugas Kesehatan dan Kebersihan Pemkot Tangsel Tetap Siaga