Sektor Bisnis Hong Kong Suarakan Dukungan untuk Perbaikan Sistem Pemilu Hong Kong

35
Foto dari udara yang diabadikan pada 27 Juni 2017 ini menunjukkan pemandangan di kedua sisi Pelabuhan Victoria di Hong Kong, China selatan. (Xinhua/Lui Siu Wai)

WARTABUANA – Sektor bisnis Hong Kong menyoroti betapa penting dan mendesaknya perbaikan sistem pemilihan umum (pemilu) di Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dan penerapan prinsip “patriot yang mengelola Hong Kong”.

Mereka mengatakan perbaikan sistem pemilu dan penerapan “patriot yang mengelola Hong Kong” merupakan suatu keharusan untuk memastikan implementasi yang stabil dan berkelanjutan dari “satu negara, dua sistem”, kesejahteraan dan stabilitas jangka panjang Hong Kong, dan kesejahteraan rakyat.

Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC), badan legislatif tertinggi China, pada Jumat (5/3) mulai membahas draf keputusan untuk perbaikan sistem pemilihan umum SAR Hong Kong.

Kamar Dagang Umum China Hong Kong berjanji akan mendukung sepenuhnya rancangan keputusan NPC dan menekankan bahwa perbaikan sistem pemilu akan menjamin kesejahteraan dan stabilitas Hong Kong serta mendorong perkembangan sistem demokrasi Hong Kong.

Yuen Mo, ketua kamar dagang tersebut, menuturkan perbaikan sistem elektoral Hong Kong sangat penting untuk menerapkan prinsip “patriot yang mengelola Hong Kong” dan menjaga kepentingan pembangunan nasional serta kesejahteraan dan stabilitas Hong Kong.

Jika mereka yang tidak benar-benar ingin melayani Hong Kong memasuki struktur kekuasaan, pemerintahan efektif pemerintah SAR Hong Kong akan terhalang dan apa yang disebut “kemerdekaan Hong Kong” akan digaungkan, yang akan mengganggu hukum dan ketertiban, mata pencaharian masyarakat, dan citra internasional Hong Kong, kata Asosiasi Manufaktur China Hong Kong.

Allen Shi Lop-tak, presiden asosiasi tersebut, meyakini sistem pemilu SAR Hong Kong yang lebih baik akan mengurangi pertikaian dan membuat Hong Kong kembali fokus pada pembangunan ekonomi.

Asosiasi Perusahaan China Hong Kong mengatakan kerusuhan dan gejolak yang terjadi di masyarakat Hong Kong menunjukkan bahwa sistem pemilihan umum SAR Hong Kong saat ini memiliki celah dan kekurangan nyata, yang dimanfaatkan oleh elemen-elemen anti-China dan destabilisasi untuk mengambil alih kekuasaan pengelolaan SAR Hong Kong.

Baca Juga :  Curah Hujan Tinggi Masih Landa Bima

Langkah-langkah penting harus diambil guna memperbaiki sistem pemilihan umum dan menghapus risiko kelembagaan yang ada demi memastikan pemerintahan Hong Kong oleh masyarakat Hong Kong dengan para patriot sebagai badan utamanya, kata asosiasi itu.

Ketua Asosiasi Bisnis China Hong Kong Wong Ping menuturkan perbaikan sistem pemilihan umum menjadi langkah signifikan lainnya oleh otoritas pusat setelah undang-undang keamanan nasional di SAR Hong Kong untuk menjaga kesejahteraan dan stabilitas jangka panjang Hong Kong.

Tan Yueheng, presiden kehormatan tetap Asosiasi Sekuritas China untuk Hong Kong, menekankan bahwa di bawah “patriot yang mengelola Hong Kong,” Hong Kong tetap menjadi masyarakat yang inklusif dengan beragam pendapat dan penduduk Hong Kong tetap dapat menikmati hak-hak demokratis dengan karakteristik Hong Kong.

Ketika insiden kekerasan dan epidemi COVID-19 menghantam sektor bisnis Hong Kong, sistem pemilu yang lebih baik akan membantu Dewan Legislatif melanjutkan operasional normal dan membantu pemerintahan SAR Hong Kong melaksanakan berbagai kebijakan untuk meningkatkan penghidupan masyarakat, papar Lo Kam-yam, Presiden Asosiasi Perdagangan dan Industri Hong Kong.

Setelah itu, para pelaku bisnis akan menikmati lingkungan bisnis yang sehat dan penduduk dapat kembali menjalani kehidupan yang bahagia dan stabil, katanya.  [Xinhua]