Vietnam Mulai Kampanye Vaksinasi COVID-19

29

WARTABUANA –  Kementerian Kesehatan Vietnam pada Senin (8/3) memulai kampanye inokulasi vaksin COVID-19, yang merupakan kampanye vaksinasi terbesar dalam sejarah negara itu, dengan lebih dari 100 juta suntikan diperkirakan akan dilakukan secara nasional, demikian dilaporkan Kantor Berita Vietnam pada Senin.

Suntikan dosis pertama vaksin AstraZeneca mulai diberikan pada Senin pukul 08.00 waktu setempat kepada para tenaga kesehatan yang secara langsung merawat pasien COVID-19 di Hanoi yang merupakan ibu kota Vietnam, Kota Ho Chi Minh di Vietnam selatan, serta Provinsi Hai Duong di Vietnam utara, yang merupakan pusat merebaknya pandemi COVID-19 di negara itu.

Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan bahwa vaksinasi merupakan langkah yang penting, efektif, proaktif, dan sangat diperlukan dalam proses pencegahan pandemi COVID-19, serta menjadi prioritas utama pemerintah dalam membantu memulihkan kehidupan.

Dalam beberapa hari mendatang, kampanye vaksinasi akan dimulai di kota-kota dan provinsi lainnya yang dilanda gelombang terbaru infeksi COVID-19, menargetkan orang-orang yang bekerja di garis depan dalam melawan epidemi seperti tenaga kesehatan, petugas di fasilitas karantina, tim pelacakan kontak, polisi, dan pasukan pertahanan nasional di daerah-daerah lokal.

Vietnam menerima gelombang pertama sebanyak 117.600 dosis vaksin COVID-19 dari perusahaan Inggris AstraZeneca pada 24 Februari lalu.

Hingga Senin pagi waktu setempat, negara itu mencatat 2.512 kasus infeksi COVID-19, menurut Kementerian Kesehatan Vietnam.  [Xinhua]

 

Baca Juga :  Kepadatan Mudik Diprediksi Esok