NDLEMING POLITIK Dr.J. KRISTIADI

NDLEMING POLITIK : Renungan Pribadi, Merawat Negeri​

 

J. KRISTIADI

(1996,2000-2010)

 

Pengantar

Ndleming  adalah kosa kata bahasa  Jawa untuk menyebut seseorang yang nerocos berbicara, dapat dilakukan berulang-ulang, namun seringkali sulit di mengerti   para pendengarnya.  Oleh sebab ndleming sering di anggap dilakukan oleh mereka yang kurang waras baik karena gangguang jiwa  atau sedang mabuk. Namun ndleming juga dapat disebabkan juga stres karena seseorang  merasa gagal mewujudkan impinanya. Kehidupannya terus menerus berjuang untuk meghidupi tegangan untuk mewujudkan cita-cita dengan realitas dianggap merusak mimpi indahnya.

Bagi pendleming, mereka  yang sering ndleming,  ndlemimg dapat menjadi katarsis  untuk melampiaskan kegelisahan, kekuatiran, kegalauan, kegundahan dan segala jenis ganjalan yang dianggap mengacaukan mimpi indahnya.  Kumpulan serial artikel, lebih tepatnya ndleming, yang dimuat dalam Harian Kompas selama lebih kurang seperempat abad, mulai tahun 1996 sampai dengan 2020, merupakan manifestasi dan permenungan untuk  menghidupi tegangan antara mimpi ikut mewujudkan reformasi politik dan kenyatan rumit dan kompleksitasnya mewujudkan kedaulatan rakyat.

          Semoga para pembaca, terutama generasi muda, melalui serpihan-serpihan analisa politik ini, dapat semakain peduli dan   terdorong ikut serta aktif dalam mewujudkan Indonesia yang penduduknya sangat beragam sebagai negara yang nyaman untuk kehidupan bersama. 

 

Jakarta, Mei 2021.

 

Dr.J. KRISTIADI



Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist