AirAsia Terancam Dibekukan

375

JAKARTA, WB – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo, menjelaskan bahwa maskapai penerbangan AirAsia Indonesia belum melaporkan perkembangan neraca keuangan, terutama pada ekuitas perusahaan yang masih negatif. Sementara itu tenggat waktu injeksi modal akan berakhir sampai akhir bulan ini.

“AirAsia Indonesia ekuitasnya masih negatif. Mereka belum melaporkan kepada kami (ekuitas)sudah positif atau negatif,” ujar Suprasetyo, usai Raker RAPBN 2016 bersama Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Selasa (29/9/2015).

Sementara itu Indonesia AirAsia X,  sendiri kata Suprasetyo berjanji akan menambah kepemilikan pesawat sampai 30 Agustus ini. Upaya ini terkait rencana Indonesia AirAsia X mengoperasikan penerbangan Jakarta-Jeddah pada November mendatang.

“Dia (Indonesia AirAsia X) hanya kurang pesawat. Janjinya mau memenuhi 10 besar sampai akhir bulan ini,”  papar Suprasetyo.

Dia juga mengatakan, beberapa maskapai penerbangan Indonesia sudah melaporkan laporan keuangan yang mencatatkan ekuitas positif. Meski Suprasetyo sendiri enggan menyebut maskapai apa saja yang sudah melaporkannya.

“Positif karena mereka nambah modal. Per akhir September kita evaluasi, mungkin satu dua ekuitas tidak tercapai. Kalau negatif, kita bekukan (izin operasi) karena saya kan sudah beri waktu,” tegas Suprasetyo.[]