Ajudan Megawati Calon Kapolri, Ini Komentar KontraS

132

JAKARTA, WB – Wakil Koordinator KontraS, Krisbiantoro, mengaku kawatir Presiden Jokowiakan mengangkat Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri.

 

Menurut Kris, Komjen Pol Budi Gunawan, merupakan mantan ajudan dan sangat dekat dengan Megawati. “Pengalaman dari dipilihnya Jaksa Agung beberapa hari lalu, sepertinya sangat mungkin standar yang sama akan digunakan lagi untuk memilih Kapolri,” kata Kris kepada wartawan, Senin (24/11/2011).

 

Presiden Jokowi kata Kris, memang memiliki hak prerogratif, namun seharusnya Jokowi bisa mempertimbangkan banyak hal. Ucapan Kris itu merujuk dari ditunjuknya M Prasetyo sebagai Jaksa Agung.

 

“Jokowi juga tidak memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui visi-misi Prasetyo sebagai Jaksa Agung. Prasetyo itu prestasinya tidak jelas,” ujar Kris.

 

Nama Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri, memang santer disebut-sebut sebagai salah satu calon Kapolri, namun hal itu kata Kris sosok kandidat yang tidak tepat.

 

“Komjen Pol Budi Gunawan itu sudah pernah disebut-sebut terlibat dengan rekening gendut. Kami khawatir orang-orang seperti Budi Gunawan nantinya terpilih. Meski dia belum pernah dibawa ke pengadilan, tapi sebaiknya Jokowi mendengarkan masukan dari pihak lain,” tandas Kris. []