Akibat COVID-19, Hong Kong Rayakan Tahun Baru Tanpa Kembang Api dan Parade Imlek

14
Hongkong di malam hari /ist

WARTABUANA –  Hong Kong akan membatalkan acara tahunan pesta kembang api Hitung Mundur Tahun Baru Masehi dan parade Tahun Baru Imlek akibat pandemi COVID-19, kata Badan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board/HKTB) selaku pihak penyelenggara pada Jumat (4/12).

Pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong telah mengumumkan akan memperketat aturan jaga jarak sosial (social distancing) dalam upaya menekan laju penyebaran COVID-19 seiring dengan gelombang baru pandemi yang melanda wilayah tersebut, papar HKTB dalam pernyataannya.

Menjalankan perannya dalam memerangi virus tersebut, HKTB menyatakan pihaknya telah membuat pengaturan baru untuk acara-acara besar yang akan datang termasuk Perayaan Hitung Mundur Tahun Baru Masehi dan Tahun Baru Imlek.

Sehubungan dengan Perayaan Hitung Mundur Tahun Baru Masehi yang digelar pada 31 Desember tengah malam setiap tahunnya, dewan itu mengatakan tidak ada pertunjukan kembang api di langit Pelabuhan Victoria untuk perayaan tersebut tahun ini karena adanya kewajiban menegakkan aturan menjaga jarak sosial.

Selain itu, dewan tersebut juga menyampaikan bahwa tidak ada gelaran parade pada Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 mendatang karena kelompok-kelompok pertunjukan dari luar Hong Kong tidak dapat berpartisipasi dalam acara itu akibat aturan pembatasan perjalanan yang masih berlangsung.

HKTB biasanya menyelenggarakan parade malam pada hari pertama Tahun Baru Imlek, dan mengundang sejumlah kelompok pertunjukan terkemuka dari berbagai wilayah di dunia.

Meski warga Hong Kong dan wisatawan tidak dapat menikmati parade dalam perayaan Tahun Baru Imlek mendatang, dewan itu mengatakan pihaknya sedang menjajaki untuk menggelar acara gabungan secara online dan offline guna merayakan acara tahunan tersebut. [xinhua]