Anda Sering Haus? Hati-hati Penyakit Mengintai!

129

WARTABUANA- Jika anda termasuk orang yang sering haus, walaupun sudah mengonsumsi air yang cukup, berhati-hatilah karena ada penyakit yang mengintai anda.


Ini dia penyakitnya:

 

Anemia


Kehilangan darah tiba-tiba adalah penyebab paling umum dari munculnya anemia. Saat itu, tubuh Anda kehilangan sel darah merah lebih cepat sebelum bisa menggantinya lagi. Proses mengganti darah seperti itu memicu rasa haus.

 

Salah satu penyebab paling umum haid yang berat atau banyak mengeluarkan darah adalah karena kondisi tiroid rendah. Lebih dari 70 persen orang mengalami kekurangan tiroid, yang bisa membuat sebagian perempuan sangat kehausan Pemeriksaan fisik dan tes darah akan menentukan apakah Anda mengalami anemia atau tidak dan jenis pengobatannya.

 

Darah Rendah


Tekanan darah rendah hingga di bawah kondisi normal yang dikarenakan timbulnya stress kronis, juga dapat memicu tubuh untuk sering merasa haus secara berlebih. Selain stress kronis ini juga dapat menyebabkan kelenjar adrenal tidak berfungsi dengan baik.

 

Haid


Selama haid terutama di hari pertama dan kedua, anda mungkin akan merasa sering haus. Tapi, jangan khawatir karena kondisi ini termasuk normal. Hormon estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi volume cairan.

 

Banyaknya darah yang keluar membuat tubuh kehilangan darah sehingga ada peningkatan rasa haus selama haid. Cukup pastikan anda minum cukup banyak air selama haid.

 

Ketoasidosis Diabetikum


Kondisi yang cukup membahayakan tubuh yakni ketoasidosis Diabetikum, merupakan komplikasi diabetes karena kondisi gula sudah terlalu tinggi, sedangkan kadar insulin dalam tubuh berkurang. Sehingga dari situ tubuh akan terasa tidak mampu menggunakan glukosa, dan pada akhirnya memecah lemak sebagai bahan bakar penggantinya.

 

Diabetes


Diabetes bisa meningkatkan tingkat kehausan Anda. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh Anda menekan ginjal untuk memproduksi urine lebih banyak untuk menyingkirkan kelebihan glukosa.

 

Sering buang air kecil akan membuat Anda sering merasa haus. Kondisi ini akan memicu anda untuk minum lebih banyak cairan yang bisa menyebabkan masalah. Jika anda sering buang air kecil dan juga merasakan gejala lain seperti penurunan berat badan, kelelahan atau cepat emosi, cobalah lakukan tes gula darah.[]