Banyak Bus TransJakarta Terbakar, Jokowi Ngaku Tidak Dapat Laporan

82

JAKARTA, WB – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tidak mendapatkan laporan terkait banyaknya bus transjakarta yang terbakar. Dirinya juga mengungkap bahwa, Unit Pelaksana Teknis Transjakarta menutup-nutupi hal itu.

“Saya tidak dapat laporan, harusnya dapat, tapi saya nggak dapat. Kaya gitu itu memang biasanya ditutup-tutupi,” kata Jokowi saat di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (3/3/2014).

Ia menduga, persoalan tersebut muncul dikarenakan pengelolaan bus yang masih berada di Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Jokowi yakin jika semua bus transjakarta sudah di bawah wewenang PT Transjakarta, persoalan itu tidak bakal terjadi lagi. “Sabar, PT Transjakarta kan masih dalam proses,” ujar Jokowi.

Hingga kini, bus transjakarta diketahui masih dikelola UPT Transjakarta. Namun, dengan pengesahan Perda UP Transjakarta, akhir 2013 lalu, pengelolaannya dialihkan ke PT Transjakarta. Saat ini, Jokowi sendiri tengah menyeleksi beberapa orang untuk duduk di sana.

Diketahui sebelumnya, dalam dua hari berturut-turut, Sabtu dan Minggu kemarin, dua bus transjakarta terbakar di Bundaran HI dan kawasan Duren Tiga. Tidak hanya itu, tiga bus lainnya juga mogok di kawasan Grogol, Senayan, dan Sunter.Bus Transjakarta bernomor polisi B 7442 IX, terbakar dekat lampu merah Jalan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Peristiwa terjadi sekitar pukul 21.55 WIB. []