Benarkah Hand Dryer Menyebar Bakteri ?

121

WARTABUANA – Mesin pengering tangan atau hand dryer, kerap kita jumpai diberbagai resto ataupun toilet umum. Dan baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Westminster yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiologi, seperti dilansir Next Shark, ternyata mesin pengering tangan mampu menyebar 60 sampai 1.300 kali lebih banyak bakteri dibandingkan dengan menggunakan handuk.

Dimana pengguna yang memakai pengering tangan sama saja dengan mandi bakteri setiap kali menggunakannya. Peneliti sendiri melakukan studi ini dengan mencelupkan tangan ke dalam air yang mengandung virus berbahaya, lalu mengeringkannya dengan mesin pengering tangan.

Hasilnya, virus yang semulanya berada di tangan akan terhempas ke udara sampai sejauh tiga meter di kamar mandi. Hingga akhirnya virus-virus itu akan menempel pada tubuh atau bahkan terhirup ketika bernafas.

Sementara itu, lebih aman lagi jika menggunakan handuk untuk mengeringkan tangan, karena bakteri jahat yang menempel tidak akan tersebar ke udara.[]