Botabek Shuttle Express Jadi Solusi Macet Selanjutnya

86

JAKARTA, WB- Pemprov DKI Jakarta terus mencari cara dalam mengatasi kemacetan di ibu kota. Salah satunya, dengan memperkenalkan bus bernama Botabek Shuttle Express (BSE). Rencananya, BSE akan diperkenalkan ke publik bulan depan.

“Desember nanti akan ada public sharing, semacam debat publik terkait BSE,” ujar Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta usai bertemu perwakilan PT Jakarta Marga Jaya terkait progress BSE, Senin (25/11).

Dikatakan Basuki, BSE merupakan  salah satu cara mengurangi kemacetan di ibu kota dengan mendorong warga yang tinggal di kawasan Bogor, Tangerang, Bekasi (Botabek) beralih ke  angkutan umum.

Warga di kota satelit tak perlu pusing lagi membawa mobil ke Jakarta. Bus ini juga bisa melintas di jalur bus Transjakarta, namun tidak menaikkan dan menurunkan penumpang seperti bus Transjakarta.

 “Jadi ya semacam bus khusus karyawan bukan bus wisata. Jalur bus Transjakarta kita itu masih cukup longgar, satu menit aja bisa dilewatin beberapa puluh bus kok,” katanya.

Ia menjelaskan, BSE juga diperkenankan masuk jalan tol dengan menggunakan sisi kirinya. Ke depan, sambung Basuki, juga akan dibuatkan jalur alternatif berupa jalan layang khusus bus. Namun, Basuki mengaku, keberhasilan rencana BSE tergantung kepada investor yang berani menanamkan modal usaha di jasa transportasi massal ini.

“Dengan BSE, sebanyak 25 ribu orang bisa terangkut. Nantinya kendaraan pribadi akan kosong. Kalau konsumen banyak, ini lumayan loh,” tandasnya.[ ]