Bukit Acropolis di Athena Sediakan Akses  Disabilitas dan Lansia

18
Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis (tengah) terlihat di jalur baru menuju Parthenon di Acropolis di Athena, Yunani, pada 3 Desember 2020. (Xinhua/Pool/Louiza Gouliamaki)

WARTABUANA-  Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis pada Kamis (3/12) meresmikan elevator baru yang dipasang di lereng bukit Acropolis yang terkenal, serta jalur yang dirancang khusus untuk menjadikan monumen berusia 2.500 tahun itu lebih mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan warga lanjut usia (lansia).

“Hari ini, 3 Desember, pada Hari Penyandang Disabilitas Internasional, kami meresmikan elevator baru dan rute yang dirancang dengan saksama agar Acropolis dapat diakses oleh semua orang,” ujar perdana menteri Yunani itu dalam pernyataan yang disiarkan oleh lembaga penyiaran nasional negara tersebut, ERT.

Jalur baru menuju Parthenon terlihat di Acropolis di Athena, Yunani, pada 3 Desember 2020. (Xinhua/Pool/Louiza Gouliamaki)

Aksesibilitas bagi siapa pun dan di mana pun merupakan inti dari Rencana Nasional untuk Hak-Hak Penyandang Disabilitas yang disusun pemerintah, kata Mitsotakis.

Lift baru itu menggantikan lift terdahulu yang dipasang menjelang penyelenggaraan Olimpiade Athena 2004, yang kerap dilaporkan mengalami kerusakan mekanis.

Elevator baru terlihat di Acropolis di Athena, Yunani, pada 3 Desember 2020. (Xinhua/Pool/Louiza Gouliamaki)

Sementara jalur baru tersebut menggantikan rute yang dibuat lima dekade silam, menjadikan lokasi berjuluk Batu Suci (Holy Rock) itu mudah diakses oleh penyandang disabilitas dan pengunjung lain dengan masalah mobilitas dan kesehatan, sebut Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Yunani dalam pernyataan pers yang dikirim via surel.

Acropolis merupakan benteng kuno yang terletak di singkapan berbatu di atas Kota Athena. Tempat itu terdiri dari reruntuhan sejumlah bangunan kuno yang memiliki arsitektur megah dan signifikansi historis, dengan Parthenon yang paling terkenal. [xinhua]