Bus Pariwisata Tetap Beroperasi, Ahok Kecewa

125

JAKARTA, WB – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendukung pengoperasian bus tersebut meskipun tetap kecewa dengan pengadaan bus yang tak sesuai rencana awal. Rencananya pengoperasian bus tersebut  akan mulai pada Senin (24/2/2014) nanti.

“Bus wisata saya nggak tahu, sama Kepala Dinas Pariwisata DKI. Saya sih kecewa dengan bus wisata. Saya maunya lisensi internasional macam Scania, Mercy eh yang datang malah Weichai,” kata Ahok saat di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Kamis (20/2/2014).

Dirinya juga menanggapi positif pengoperasian bus tersebut pada Senin depan. Namun, ia mempertanyakan kelangsungan bus tersebut dengan spesifikasi yang dimilikinya.

“Tetap jalan. Tapi nggak tahu, jalan setahun macet nggak tuh mesinnya. Kita nggak tahu kan. Saya nggak yakin bisa tahan lama atau tidak,” ungkapnya.

Ia menilai design badan busnya sudah sangat indah dipandang. Namun ia mempertanyakan apakah itu akan tahan lama karena nama produsen bus Weichai pun jarang terdengar.

“Di tempat kita masih berani dia bilang masih ada lisensi Australia, kalau Weichai bukan standar internasional. Kenapa panitia mengatakan itu internasional. Saya tidak puas, bodinya bagus tapi tahan berapa lama? Di Cina enggak pernah denger tuh merk itu,” ujar Ahok.

Adapun 5 bus tingkat wisata milik pemprov ini sudah diuji coba sejak Selasa (18/2) kemarin. Bus tingkat ini akan melayani rute-rute khusus yang akan berhenti di titik-titik wisata Jakarta. Seiring dengan masalah pengadaan bus TransJ, Ahok mengkritisi pengadaan bus asal China spesifikasinya tak sesuai dengan rencana awal.[]