Demokrat Yakin Dapat Dukungan Partai Islam

59

JAKARTA, WB – Partai Demokrat melalui juru bicaranya Ruhut Sitompul mengklaim partainya akan mendapatkan dukungan dari partai-partai Islam untuk bisa mengusung salah satu peserta Konvensi Demokrat menjadi Calon Presiden (Capres).

“Kami melihat partai-partai Islam akan merapat ke kami, mitra koalisi kami terdahulu seperti dengan PKB, PAN, PPP, dan juga PKS. Bukan tidak mungkin yang dibawa seperti Hanura, PKPI, dan PBB juga turut bergabung. Pak SBY akan jadi king maker,”ujar Ruhut saat dihubungi, Kamis (24/4/2014).

Ruhut begitu percaya diri, bahwa Ketua Umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono mempunyai kemampuan yang cerdik untuk bisa mengusung Capres dari partainya sendiri, meski pada Pemilu Legeslatif Demokrat harus rela menempati nomor urut empat.

Hal ini mendakan, jika Demokrat akan membangun poros baru, untuk bisa mengimbangi Capres yang diusung partai lain. “Oleh karena itu, saya mau bilang ini akan jadi poros baru. Jangan bilang ini poros ke-empat karena nanti akan ada capres yang menjadi korban,” katanya.

Selain itu, anggota Komisi III ini juga mengklaim jika koalisi poros baru ini muncul, nasib Aburizal Bakrie dan Prabowo sangat terancam karena mereka kehilangan dukungan dari partai lain. Menurut Ruhut Demokrat punya daya tawar yang bagus untuk membangun koalisi baru.

Bahkan, SBY disebut memiliki hubungan yang cukup akrab dengan Ketua Partai Islam, seperti dari Partai PAN, Hatta Rajasa, dan juga petinggi PKS Hilmi Aminuddin. Dan sepanjang tergabung dalam kabinet indonesia bersatu jilid II bersama SBY mereka selalu mendapatkan kedudukan yang penting.

“Munafik itu kabinet kerja, kabinet tidak bagi-bagi kursi. Hal seperti itu harusnya tidak dibicarakan, karena pada dasarnya koalisi, ya bagi-bagi kursi. Mana mau partai bergabung kalau tidak dapat apa-apa kan?” pungkasnya. []