Dirjen Otonomi Daerah : Rp 600 Trilun Untuk Daerah Belum Cukup

74

JAKARTA WB – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan menjelaskan, ada sekitar Rp 600 triliun dana pemerintah pusat yang siap untuk ditransfer ke daerah tiap tahunnya. Walau begitu dana tersebut tetap saja tidak dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah secara signifikan.

“Dalam beberapa hal sejak pelaksanaan otonomi justru terjadi beberapa kemunduran. Sebut saja tingkat kematian bayi dibanyak tempat. Masalah air minum yang belum teratasi dan bahkan sampai div bawah standar,” ujar Djohan dalam seminar 18 tahun otonomi Daerah,” di Hotel Grand Sahid Jaya, Kamis (24/4/2014).

Dampak otonomi daerah, lanjut Djohan, baru terasa pada soal-soal lahirnya segelintir pemimpin yang cakap dan disukai rakyat beserta inovasi-inovasinya dalam pelayanan publik, meskipun hal itu juga tidak terlalu merata.

“Jadi jika melihat permasalahan diatas, kementerian dalam negeri harusnya bisa memahami bahwa ada mekanisme pelaksanaan otonomi daerah yang harus ditata kembali termasuk dalam sistem pemilihan kepala daerahnya,” pungkas Djohan. []