Empat Nama Mengerucut Dampingi Jokowi

121

JAKARTA, WB – Maraknya bursa calon pendamping presiden petahana, Joko Widodo (Jokowi), Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menjelaskan, setidaknya ada empat kategori asal nama calon wakil presiden untuk disandingkan dengan Jokowi.

“Empat kategori itu termasuk, kepartaian, profesional, aparat atau penegak hukum, serta tokoh agama,” ujar Adjie dalam konfrensi pers LSI Denny JA dibilangan Rawamangun, Selasa (10/7/2018).

Adjie Alfaraby menjelaskan empat kategori tersebut dinilai merupakan kategori yang paling potensial untuk mendampingi Jokowi.

Empat tokoh itu dari kategori tokoh partai, muncul nama Airlangga Hatarto menjadi yang paling besar dengan angka 35,7 persen dibanding tokoh parpol lainnya.

Untuk kategori profesional nama Sri Mulyani berada di urutan paling atas dengan 32,5 persen suara responden.

Sementara untuk kategori aparat dan tokoh agama, masing-masing didapatkan oleh Tito Karnavian dengan 32,6 persen suara dan Ketua MUI Ma`ruf Amin dengan 21 persen.

“Kalau ditanya, mana yang paling memungkinkan untuk dipilih ? Sepertinya harus menunggu keputusan langsung dari partai koalisi,” papar Adjie.[]