Fithra Faisal Resmi Jadi Jubir Kementerian Perdagangan

11
Fithra Faisal /ist

WARTABUANA – Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal didapuk menjadi juru bicara Kementerian Perdagangan terhitung sejak surat keputusan Menteri Perdagangan diteken, Selasa (10/11/2020).  

Fithra mengatakan penunjukan dirinya dilatarbelakangi keinginan Kemendag untuk membangun komunikasi publik yang lebih baik. Ia bilang hal ini diperlukan mengingat luasnya tugas Kemendag. Sebelum menjabat sebagai juru bicara Kemendag, Fithra sudah lebih dulu menjadi penasihat Menteri Perdagangan mulai Maret 2020.

“Kemendag menunjuk saya menjadi jubir untuk meningkatkan komunikasi publik, mengingat tugas kemendag yang memang sangat luas,” ucap Fithra.

Pakar ekonomi ini menamatkan pendidikan sarjananya di Unviersitas Indonesia. Ia melanjutkan studinya di Keio University, Jepang untuk gelar magister dan Waseda University, Jepang untuk gelar doktoralnya.

Fithra mencatat sejumlah bidang antara lain ekonomi moneter, perdagangan internasional, ekonomi pembangunan, dan politik ekonomi. Selain menjadi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fithra pernah menjabat sebagai penasihat dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun 2017-2018, rekan peneliti Asian Development Bank Institute (ADBI), dan Dewan Ekonomi Nasional pada Presiden Indonesia era SBY tahun 2012-2013.

Fithra juga sempat menidirikan lembaga bernama Next Policy sejak Juli 2019. Di lembaga itu ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif. []