FPI Gelar Demo di Mabes Polri, Posisi Sudah Siaga

49


JAKARTA, WB – Aksi massa Front Pembela Islam (FPI) akan digelar Senin (16/1/2017) pagi ini di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan telah. Pihak Kepolisian telah melakukan persiapan untuk mengamankan jalannya aksi.

Menurut Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Iwan Kurniawan, ‎telah menyiapkan sejumlah pengamanan khusus untuk mengamankan aksi tersebut. Dalam hal ini, water canon serta kawat berduri disiapkan untuk mengantisipasi bila terjadi hal tak diinginkan.

“Ya kita siapkan watercanon, barier, semua kita siapkan. Prinsipnya kita lihat situasi kondisi. Kalau perlu kita pergunakan. Kalau tidak perlu tidak dipakai,” ujarnya.

Iwan juga mengimbau kepada massa yang akan menyuarakan pendapatnya tersebut untuk tetap menjaga ketertiban umum dan beraksi sesuai dengan prosedur. Bantuan pengamanan juga melibatkan dari unsur TNI.

“Personel menyesuaikan kerawanan dan ancaman yang timbul. Saya tidak bisa sampaikan karena terkait pola sistem pengamanan,” jelasnya.

Iwan menambahkan, pihaknya berharap massa dapat menyuarakan pendapatnya hanya di sekitar Masjid Al-Azhar Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan yang merupakan titik kumpul mereka.

“Titik kumpul di Al-Azhar. Kami mengimbau mereka disana, tidak harus ke Mabes Polri menutup jalan sehinga macet menganggu masyarakat,” tambahnya.

Sekitar 5.000 orang bakal beraksi menuntut penuntasan bentrokan dengan LSM yang terjadi beberapa waktu lalu di Jawa Barat. Rencananya, ribuan massa FPI tersebut akan berkumpul di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, sebelum nantinya melakukan long march ke Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. []