Hari Ini Terobos Busway Kena Denda 500-700 Ribu

80

JAKARTA, WB- Pemberlakuan denda 500 ribu untuk motor dan 700 ribu untuk mobil yang menerobos jalur Bus Trans Jakarta (Busway), berlaku mulai hari ini.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Hendarsono mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan undangan terkait koordinasi terakhir bersama Dinas Perhubungan dan Kejaksaan serta Pengadilan terkait pelaksaaan denda maksimal bagi penerobos busway.

“Hari ini akan dilakukan pembicaraan lanjutan, tempatnya di Kantor Dishub,” ujar Hindarsono saat dihubungi wartawan, Senin (25/11/2013).

Dia melanjutkan, dalam pembicaraan nanti tidak hanya melakukan pembahasaan penerobos busway, melainkan pelanggaran lainnya seperti Parkir liar, menurunkan dan menaikkan penumpang tidak pada tempatnya serta lawan arus.

“Kita juga membicarakan pelanggaran lainnya, tapi belum tahu apakah akan dilaksanakan bersamaan atau penerobos busway menjadi pilot projectnya terlebih dahulu,” kata Hendarsono.

Nantinya dalam pelaksanaan awal, kata Hendarsono, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan BLU Transjakarta.

Bila memang sudah diputuskan, tegas Hendarsono, pihak dari kejaksaan dapat langsung berikan denda kepada setiap pelanggar yang menerobos jalur Busway tersebut.

“Maka hakim pengadilan bisa langsung memberikan denda maksimal bagi para pelanggar,”pungkasnya.[ ]