Hari Pertama, Bus Wisata Sepi Penumpang

114

JAKARTA, WB – Kepala Dinas Pariwisata DKI Arie Budiman mengatakan, peluncuran perdana bus tingkat wisata City Tour Jakarta belum direspons oleh masyarakat luas.

Lima bus yang beroperasi sejak pagi tadi masih terlihat sepi penumpang. Adapun bus pertama mulai meluncur sejak pukul 09.15 WIB dari Monas, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2014). Namun itu bukan halte pemberangkatan, melainkan pool bus wisata. Para penumpang bisa naik mulai dari halte Balai Kota.

“Tadi di bus perdana itu hanya ada para pejabat Dinas Pariwisata DKI Jakarta, pemandu wisata, kondektur dan petugas kepolisian wanita. Beberapa wartawan juga ikut dalam bus tersebut. Ya, awal masih cukup sepi penumpang,” kata Arie saat di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Senin (24/2/2014).

Arie juga menilai, kondisi sepi penumpang tersebut dikarenakan masih dalam musim penghujan. “Mungkin karena hujan penumpang belum terlalu banyak dan ini hari kerja, tapi paling tidak bus ini harus terus melintas,” kata Arie.

Diketahui bahwa, bus pariwisata tersebut melewati 9 halte dengan rute Balai Kota-Thamrin Sarinah-Bundaran HI depan hotel Hyatt-Museum Nasional-Pasar Baru-Pecenongan-Djuanda-Istiqlal-Monas. Adapun penumpang bebas naik dari halte mana saja, dan turun di halte yang diinginkan. Semua gratis.

Armada bus tingkat yang diimpor dari China ini sebanyak 5 unit. Pada hari Senin-Sabtu, bus melayani wisatawan mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB. Untuk hari Minggu, karena ada car free day maka bus beroperasi mulai pukul 12.00 WIB – 19.00 WIB. []