Heboh Foto Hitler 90 Tahun Lalu Beredar

121

BERLIN, WB – Setelah selama hampir 90 tahun tersimpan rapat, Beberapa foto pemimpin Nazi, Adolf Hitler seketika muncul kepermukaan. Foto-foto tersebut, merupakan foto Hitler yang diambil oleh fotografer pribadinya tengah berlatih pidato.

Saat dibebaskan dari penjara Landsberg pada 1925, Hitler yang saat itu berusia 25 tahun sangat berambisi untuk meraih kekuasaan di Jerman. Untuk mewujudkan cita-citanya itu, salah satu hal yang harus diasah adalah bakatnya di bidang public speaking.

Hitler mengembangkan kemampuan berorasi itu di kedai-kedai bir di Jerman. Di sanalah, Hitler muda mampu menghipnotis dengan kata-kata dan retorikanya. Tenyata, Hitler tipikal orang yang tak sepenuhnya memercayai kemampuannya itu karena dia sangat menyadari penampilannya yang mungkin kurang meyakinkan.

Untuk mengatasi masalah tidak pedenya itulah, ia meminta fotografer pribadinya, Heinrich Hoffmann, untuk mengambil foto dirinya saat tengah berlatih pidato. Hoffmann lalu mengambil sederet foto candid terkait pose dan ekspresi wajah Sang Fuhrer. Nantinya, Hitler akan melihat foto-foto itu dan mempelajarinya untuk mencari gaya yang paling sempurna.

Karena menganggap beberapa foto hasil jepretan Hoffmann itu seperti terlihat memalukan, Hitler memerintahkan sang fotografer untuk memusnahkan sejumlah foto yang dianggap akan merendahkan martabatnya itu jika tersebar ke publik.

Namun, Hitler tak menyadari bahwa Hoffmann malah menyimpan foto-foto tak diinginkan itu, yang hampir 90 tahun kemudian muncul dan bisa dilihat saat ini.[]