Hujan Deras Sebagian Jakarta Kebanjiran

122

 

JAKARTA, WB – Akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta, sebagian tanah di hutan kota di Jalan Melati Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, longsor pada Jumat (19/8/2016) malam. Terjadi banjir dengan ketinggian air hingga 1,5 meter di Gang Melati 2 dan Melati 3 RT 09 RW 02, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, mencapai 1,5 meter.

 

“Tidak ada korban jiwa, tapi kami kekurangan perahu karet untuk mengevakuasi warga,” kata Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah di lokasi.

 

Longsoran menghantam badan kali yang ada di dekat lokasi. Sehingga kawasan RT 09 tergenang banjir dan jajaran kelurahan baru mengevakuasi 75 KK. Padahal masih banyak KK lainnya yang harus diselamatkan.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kota (BPBK) Jaksel, Danang Susanto mengatakan, pihaknya menerima laporan longsor di Pondok Labu sekitar pukul: 21.00.

 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat longsornya tanah hutan kota sepanjang 50 meter dan tembok pembatas sungai dengan pemukiman atau tanggul setinggi 4 meter, sepanjang sekitar 40 meter.

 

“Ketinggian air saat ini sekitar 1,5 m. Korban jiwa nihil, cuaca masih gerimis, air semakin surut,” ujar Awi, Jumat (19/8/2016) malam.

 

Akibat peristiwa itu, sekitar 75 Kepala Keluarga (KK) dari 100 KK dievakuasi ke posko banjir di sekitar lokasi. “Sebagian warga memilih untuk bertahan di rumah masing-masing,” ungkapnya. []