Inilah Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

86

WARTABUANA – Buah jeruk yang kecil mungil ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Jeruk nipis memiliki daging buah masam dan rasanya mirip dengan buah lemon. Warna kulit buahnya hijau dan kuning jika sudah masak.

Obat batuk. Jeruk nipis dikenal sebagai obat batuk tradisional yang sudah terbukti keampuhannya sejak dulu. Caranya, cukup masukan 5 ml sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan sesendok kecap aduk sampai rata dan minum sampai hambis. Beberapa saat kemudian nafas akan terasa lebih lega dan batuk akan reda. Saat menelannya akan terasa rasa seperti mint yang segar tapi tidak begitu kuat.

Obat masuk angin. Jeruk nipis juga bisa menjadi obat masuk angin. Caranya, tuangkan sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan 1 sdt madu, dan air hangat, minum sesendok demi sesendok sari jeruk nipis hangat tersebut. Perut Anda akan lebih hangat dan udara yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan melalui sendawa.

Penyegar napas dan kurangi bau mulut. Tidak perlu membeli obat kumur, karena jeruk nipis juga bisa mengatasi masalah mulut Anda. Caranya, peras sari jeruk nipis, jangan tambahkan air, hanya tambahkan madu saja. Aduk kemudian minum setiap hari 1-2 sendok, napas Anda akan lebih segar dan bau mulut perlahan akan hilang. []