Iran Ancam Tenggelamkan Kapal Indus AS

140

TEHERAN, WB – Komandan Angkatan Laut Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Laksamana Ali Fadavi mengatakan bahwa, Angkatan Laut Iran mampu untuk menenggelamkan kapal induk milik AS.

Tindakan itu akan dilakukan jika memang nantinya kapal-kapal induk AS yang berada dikawasan Teluk Persia dan Selat Hormuz.

PressTV melaporkan bahwa kapal AL milik Iran sudah tidak lagi kesulitan menyasar kapal-kapal induk berteknologi canggih yang dioperasikan AS jika pertempuran laut meletus nantinya.

Keyakinan armada perang AL Iran ini setelah Angkatan Laut IRGC memulai latihan di Teluk Persia dan Selat Hormuz. Latihan bersandi Great Prophet 9 ini secara khusus menguji sejumlah rudal menyerang bangunan besar mirip kapal induk AS.

“Latihan ini dimaksudkan agar lawan tahu mereka tidak bisa memenangkan pertempuran melawan Iran,” ujar Fadavi.

Dia juga menggambarkan pentingnya Selat Hormuz di Teluk Persia. Iran, katanya, harus mengontrol perairan ini jika tidak ingin menghadapi gangguan.

Data statistik mengungkapkan jumlah kapal yang diserang di Selat Hormuz sejak invasi AS ke Irak tahun 2003. Semua serangan itu terjadi di depan hidung kapal perang AS yang beroperasi di Teluk Persia.

“Jika AS tidak datang, jumlah kapal yang menjadi target serangan menjadi delapan kali lebih sedikit,” pungkas Fadavi.[]