Jabatan Rachmawati di Nasdem Dicopot

191

JAKARTA, WB – Rachmawati Soekarnoputri, adik kandung Megawati Soekarnoputri  dipecat dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, lantaran memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo – Hatta.

 

“Kami melihat perlu diadakan pengambilan keputusan untuk mengganti Ketua Dewan Pertimbangan Rachmawati, karena terjadi perbedaan pandangan yang tidak sesuai aturan organisasi serta basis perjuangan partai,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella di Jakarta, Selasa (5/8/2014).

 

Keputusan tersebut, menurut Rio, sudah melalui tahap pertimbangan yang matang melalui rapat internal bersama Ketua Umum Partai Surya Paloh, ajaran Majelis Tinggi, dan jajaran Dewan Pertimbangan yang memutuskan agar Rachmawati dipecat dari struktural Partai Nasdem.

 

“Nasdem partai baru yang menjadi pengusung capres nomor urut 2 Jokowi-JK. Oleh karena itu, keputusan yang diambil partai ini seyogianya jadi keputusan yang bulat,” terangnya.

 

‎Prosedur pemecatan itu juga, menurut dia, sudah sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai. Kini Posisi Rachmawati digantikan Maxi Gunawan yang sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan.

 

Meski demikian, Rio mengatakan, Rahmawati tetap merupakan anggota Partai Nasdem. Statusnya sebagai anggota DPR terpilih dari Partai Nasdem juga tidak berubah. []