Jalur Sepeda Suryopranoto-Harmoni Mulai Dibangun

148

JAKARTA, WB  – Pemprov DKI Jakarta tahun ini akan membangun jalur sepeda di kawasan Jalan Suryopranoto-Harmoni. Rencananya jalur tersebut akan dibuat sepanjang 4 kilometer.

“Jalur sepeda Suryopranoto-Harmoni kita targetkan selesai akhir tahun ini,” tutur Kepala Dinas Binamarga DKI, Yusmada Faisal di Jakarta Selasa (22/9/2015).

Dia mengatakan, untuk membangun jalur sepeda itu, DKI akan menghapus pembatas jalan di jalur cepat dan jalur lambat Jalan Suryopranoto. Dengan begitu nantinya jalur menjadi satu arah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Binamarga DKI, Yudi Febriyadi menjelaskan, pembangunan jalur sepeda telah dianggarkan di dalam anggaran kegiatan perbaikan trotoar sebesar Rp6 miliar.

Menurut Yudi, penghapusan pembatas jalan di jalur lambat dan jalur cepat jalan tersebut dilakukan karena jarang dilalui pengendara. Karena itu, jalur tersebut nantinya akan dibuat satu arah untuk pembangunan jalur sepeda.

“Jalur lambat dan cepat di ruas jalan itu sering sepi. Jadi lebih baik digunakan menjadi jalur sepeda,” tuturnya.

Jalur sepeda Suryopranoto-Harmoni, lanjut Yudi, rencananya akan memiliki lebar antara 1,5-2 meter. Selain jalur sepeda, di jalan tersebut juga akan dilakukan pelebaran trotoar yang semula 1,5 meter menjadi tiga meter.

“Target pembangunan jalur sepeda selanjutnya yakni Jalan Jenderal Sudirman sampai Kawasan Kota Tua. Tapi tahun ini kota fokus Suryopranoto-Harmoni dulu,” tegasnya.[]