JK Bisa `Tenggelamkan` Jokowi

42

JAKARTA, WB – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dinilai lebih memiliki banyak pengalaman dalam dunia pemerintahan dibanding dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang digadang-gadang PDI Perjuangan menjadi Calon Presdien (Capres).

Hal itu disampaikan pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago. Ia mencontohkan, misalnya secara organisasi ia lebih matang pernah menjabat sebagai wakil presiden dan ketua umum Partai Golkar.

Kemudian, dalam konteks pemerintahan JK adalah orang punya gagasan cemerlang mengenai pengolahan minyak gas di masyarakat. “Seperti konversi minyak tanah ke gas elpiji 3 kg,” kata Syarwi saat dihubungi wartawan, Senin (21/4/2014).

Sedangkan pada tingkat global, mantan Ketua PB HMI ini,  juga dinilai sebagai negosiator yang ulung. Dia adalah orang yang menjembatani perdamaian dalam konflik di Ambon dan Aceh. Selain itu JK juga sangat aktif dalam kegiatan kemanusiaan ia adalah Ketua Umum PMI.

Potensi-potensi ini, dikhawatirkan akan bisa mengalahkan figur Jokowi, jika JK resmi dicalonkan oleh PDI-P untuk mendampingi Jokowi sebagai Wapres. Bahkan bisa jadi hubungan antar keduanya bisa berjalan tidak harmonis karena jam terbangnya yang jauh berbeda.

“JK bisa tenggelamkan figur Jokowi sebagai presiden. SBY saja pernah hampir disalib JK,” pungkasnya.

Hal-hal inilah yang menurut Syarwi membuat nama JK tidak cepat tenggelam dibandingkan wakil presiden lain. Ia dikenal sosok orang yang aktif dalam urusan kenegaraan dan kerap punya trobosan baru yang cemerlang. []