Jokowi : PKB Minta Jatah Wapres

49

JAKARTA, WB – Calon Presiden (Capres) dari Partai PDI Perjuangan Joko Widodo mengatakan selama dua pekan ini dirinya tengah sibuk mencari `kawan` untuk membangun koalisi agar bisa mengusung dirinya menjadi Capres.

Dari beberapa partai yang sudah ia jajaki, baru Partai Nasdem yang menyatakan `jatuh cinta` kepada mantan Wali Kota Solo ini. Sebelumnya ia sudah pernah mendekati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Namun ia mengaku komunikasi yang dibangun PKB sangat alot, ia menjelaskan Partai yang dipimpin oleh Muhaimin Iskandar ini atau yang lebih akrab disapa Cak Imin, disebut tidak hanya meminta jatah kursi Menteri tapi juga Wakil Presiden. Hal itu menjadi syarat jika PDIP ingin membangun koalisi dengan PKB.

“Ada lah tapi saya tidak mau menyebutkan nama, siapa orang mengajukan syarat itu,” katanya, Senin (21/4/2014).

Padahal Gubernur DKI Jakarta ini sudah berapa kali mengatakan, partainya tidak mau berkoalisi dengan partai yang orientasinya adalah kekuasaan dengan bagi-bagi kursi dan sebagainya. Yang ia butuhkan adalah kerja sama untuk sebuah pemerintahan di Indonesia.

Hal tersebut seperti arah koalisi yang dibangun dengan Partai Nasdem, Jokowi mengaku selama melakukan komunikasi dengan Ketua Umumnya Surya Paloh, ia tidak membicarakan mengenai pembagian jatah kursi Menteri maupun Wapres. []