Kapal Iran Mendekat, Kapal Perang AS Lepas Tembakan

75

 

TEHERAN,  WB – Sebuah kapal angkatan laut Amerika Serikat (AS), USS Thunderbolt,  terpaksa melepaskan tembakan peringatan pada sebuah kapal Iran di Teluk Persia.

Seperti dikutip dari ABC News, Rabu (26//7/2017), Kapal Iran berada dalam jarak 150 yard dari kapal angkatan laut AS. Kapal angkatan laut Korps Garda Revolusioner Islam mendekati kapal USS Thunderbolt dengan kecepatan tinggi.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Kapal Iran seperti mengabaikan peringatan komunikasi suara dan sinyal suara dari kapal AS. Kapal Iran tidak menanggapi upaya berulang untuk membangun komunikasi radio saat mendekati (kapal AS) kata Komando Pasukan Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan. 

USS Thunderbolt kemudian melepaskan suar peringatan dan membunyikan lima kali sinyal bahaya yang diakui secara internasional. Namun kapal Iran tersebut terus mendekati. Tidak sampai melepaskan tembakan peringatan. Kapal Iran tersebut menghentikan lajunya, ujarnya.

USS Thunderbolt merupakan sebuah kapal patroli angkatan laut AS yang melakukan latihan koalisi di perairan internasional ketika kapal Iran tersebut mendekati. Sementara pertemuan jarak dekat antara kapal AS dan kapal kecil Iran di Teluk Persia adalah hal yang biasa.[]