Koperasi Bogoh Bumi Sunda Apresiasi Karya Bakti Skala Besar Kodim 0621 Bogor Saat Pandemi Covid-19

51

WARTABUANA, Bogor – Koperasi Bogoh Bumi Sunda (BBS) mengapresiasi kepada seluruh jajaran Kodim 0621 Kabupaten Bogor yang telah membantu pembangunan infrastruktur pedesaan dalam program Karya Bhakti Skala Besar di wilayah Kabupaten Bogor. Hal tersebut dikatakan Ketua BBS, Iskandar Sitorus saat mengetahui kegiatan tersebut akan diresmikan oleh Muspida Kabupaten Bogor dan Danrem 061/Suryakencana Brigjen TNI Agus Subiyanto, Senin 2 November 2020.

“Mudah-mudahan program karya bakti TNI itu bermanfaat untuk warga Kabupaten Bogor khusunya masyarakat Desa Hambalang, Citeurep dan sekitarnya untuk peningkatan mobilitas dan menjamin pertumbuhan ekonomi desa. Apalagi kegiatan ruangan terbuka itu dilakukan pada masa pandemik Covid-19 yang meluluh-lantah perekonomian,” ujar Iskandar.

Iskandar juga mengatakan, Koperasi BBS mengapresiasi kegiatan TNI yang menunjukan kemanunggalan TNI dan rakyat seperti ini, dan berharap agar kegiatan kemanunggalan seperti itu bisa terus dilakukan berkesinambungan dengan pola yang berbeda sehingga kebermanfaatannya bisa menjangkau lebih banyak warga masyarakat dan sasaran yang lebih luas.

“Kami sangat mengapresiasi kuatnya kemanunggalan TNI dengan rakyat yang terbangun melalui kegiatan ini, kedepan semoga sasarannya semakin luas sebagai modal sosial penting dalam menguatkan ketahanan sosial dan memperkokoh pertahanan keamanan dalam rangka menciptakan kondusifitas wilayah. Mereka tentu akan bekerja dengan mengedepankan prosedur kesehatan, itu akan menjadi contoh baik bagi publik,” ucap Iskandar.

Terakhir Iskandar menambahkan, bahwa Karya Bakti itu menunjukan eratnya kerjasama Pemerintah Daerah bersama TNI dan rakyat secara langsung maupun tidak langsung yang menyatakan bahwa pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi juga merupakan ‘tugas bersama’ seluruh lapisan masyarakat.

“Pemerintah Daerah dan TNI memegang peranan sebagai pelindung, pembina, pembimbing dan pendorong segala aspek kehidupan dan penghidupan dalam mewujudkan kesejahteraan, dan partisipasi masyarakat yang didalamnya memuat prakarsa, inovasi dan kesadaran, itu yang memberikan kita sumber spirit besar dalam pembangunan daerah,” tutur Iskandar.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0621 Letkol Inf Sukur Hermanto didampingi Danramil Citeurep Mayor Fiska menjelaskan, pembangunan infrastruktur memang menjadi salah satu program prioritas di Kabupaten Bogor. Oleh karena itu melalui program Karya Bakti ini, TNI turut mendukung secara langsung program Pemkab Bogor untuk terciptanya infrastruktur pedesaan yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Inilah bukti kemitraan yang sinergis antara TNI dengan Pemda dan rakyat, kita juga tidak lupa mengajak kalangan dunia usaha dalam mewujudkan infrastruktur yang berkualitas bagi masyarakat dan memberikan dukungan bagi terciptanya peningkatan kemampuan masyarakat untuk bertransformasi menjadi masyarakat mandiri,” jelas Sukur.

Untuk diketahui, dalam program Karya Bakti TNI Skala Besar Kodim 0621 Kabupaten Bogor Tahun 2020 di Desa Hambalang Kecamatan Citeurep ini bertujuan untuk menghasilkan infrastruktur berupa pengerasan jalan sepanjang 1600 meter dengan lebar 4 meter yang dilaksanakan selama 50 hari.