KPU: DPT Bermasalah Rampung 90 Persen

90

JAKARTA, WB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah mencapai 90 persen dari 10,4 juta pemilih bermasalah dimana tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiansyah yang menyatakan hasil laporan yang dihimpun di lapangan telah mencapai 90 persen perbaikan DPT.

“Paling tidak 80 – 90 persen sudah terinformasikan di lapangan,” ujar Ferry kepada wartawan, Sabtu (30/11/2013).

Dalam masa perbaikan tersebut Ferry belum berani memastikan angka pasti DPT yang telah diperbaiki KPU. Karena data tersebut akan terus mengalami perubahan sehingga tidak dapat dipastikan sebelum finalisasi.

“Saya tidak mau asumtif, nanti kita akan sampaikan. Sekarang data lagi diproses, data pasti tanggal 1, itu kabupaten/kota akan merekap dan memperbaharui berita acaranya. Jadi DPT penyempurnaanya ya tanggal 1,” terangnya.

Kendati begitu dia mengaku belum mendapatkan data dari tingkat bawah, meskipun bedasarkan agendanya pada tanggal 24 November lalu, KPU menyerahkan data penduduk yang tidak memiliki NIK ke Kementerian Dalam Negeri untuk diberikan NIK.

“Belum ada report dari temen-temendi tingkat daerah. Jadi proses yang dilakukan di tingkat bawah, itu kalau dia sudah dapat NIK-nya di lapangan apakah dari dinas dukcapil atau temuan dilapangan, dia langsung inject. Kalau kemendagri dia kan by sistem, jadi dari sistem to sistem,” pungkasnya. [ ]