Lagi, Tiga Bandara Ditutup Akibat Letusan Gunung Kelud

89

SEMARANG, WB- Tiga bandar udara (bandara) menyusul ditutup buntut dari letusan Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur. Total, saat ini ada enam bandara yang ditutup sementara. Demikian dikatakan Kapuskom Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan di Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Bambang mengatakan, tiga bandara yang belakangan ikut ditutup masing-masing Bandara Abdurahman Saleh di Malang, Jatim; Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah; dan Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Jateng.

Tiga bandara yang lebih dahulu ditutup adalah Bandara Adi Sucipto, Adi Sumarmo, dan Bandara Juanda. Totalnya enam bandara,”  terang Bambang.

Otomatis aktivitas penerbangan di enam bandara itu disetop. Sejauh ini, menurut Bambang, tiga maskapai bersedia menganti duit tiket calon penumpang (refound-Red).  Tiga maskapai itu Maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya, dan Maskapai Lion Air.

Bambang menjelaskan, bila terjadi keadaan bencana alam, maskapai memang tidak wajib mengembalikan duit tiket penumpang. Itu termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 atau Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2013. Tapi, Ditjen Perhubungan Udara mengimbau maskapai menerapkan kebijakan refound atau mengalihkan penerbangan.

“Sebagai wujud simpati. Maskapai setuju dan berkomitmen me-refound tiket sehingga tidak hangus,” jelas Bambang.[ ]