Luhut Minta Susi Stop Tenggelamkan Kapal

60

JAKARTA, WB – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, berharap agar tahun ini Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti todak lagi melakukan aksi penenggalaman kapal. Ia menilai, langkah tersebut sudah cukup dilakukan pada tiga tahun terakhir.

Luhut mengatakan, yang perlu dilakukan Susi bukan lagi soal penenggelaman kapal, melainkan  yang dioptimalkan adalah soal meningkatkan produksi ikan nasional. Ia menilai, selama ini penenggelaman kapal sudah berjalan dengan baik namun dari sisi pengelolaan dan meningkatkan nilai tambah perikanan belumlah maksimal.

“Tidak ada lagi penenggalaman tahun ini. Cukuplah itu. Fokus sekarang adalah meningkatkan produksi agar ekspor naik,” kata Luhut belum lama ini.

Luhut juga menjelaskan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Susi mengenai hal ini. Luhut mengatakan, kedepan KKP perlu meningkatkan produksi dengan memperbaiki kualitas tangkap.

Selain itu, menurut Luhut potensi ikan nasional bisa dimanfaatkan dengan membuat industri dari hulu ke hilir.

“Jadi bukan lagi pengalengan, atau ditangkap lalu dikirim saja. Bisa sampai pada pengolahan. Atau frozen, jadi kirim langsung ke negara tujuan,” tambah Luhut.

Kedepan ia berharap Susi punya konsep yang bisa meningkatkan kualitas dan produksi ikan nasional. Dan dia mengaku menunggu hal tersebut.

“Biar kita liat apa yang dibuat bu susi kedepan,” tandas Luhut.[]