Masalah Koalisi, PAN Tunggu Hasil Rakernas

79

JAKARTA, WB – Partai Amanat Nasional (PAN) hampir dipastikan akan merapat ke barisan Gerindra untuk mendukung pencapresan Prabowo Subianto.

Meski demikian, PAN meminta peresmian keputusan koalisi dengan Gerindra diambil melalui mekanisme Rakernas.

“Masing-masing partai punya mekanisme. Walaupun sudah ada kesepahaman antara Pak Hatta dengan Pak Prabowo, itu baru namanya kesepahaman. Makanya kita tunggu hasil Rakernas dulu,” kata deklarator PAN Putra Jaya Husin saat dihubungi wartawan, Jumat (9/5/2014).

Putra mengingatkan agar para elite PAN tak kebablasan dan kembali pada aturan partai. Pengurus-pengurus DPW PAN harus dilibatkan dalam keputusan koalisi melalui Rakernas. “PAN akan segera Rakernas, pekan depan. Setelah hari ini KPU memutuskan, kita langsung persiapan untuk Rakernas,” ujarnya.

Di Rakernas, ada dua keputusan yang harus diambil PAN sebagai persiapan final menghadapi Pilpres 2014. Pertama adalah soal arah koalisi PAN, yang kedua adalah soal kemungkinan mendowngrade status capres Hatta menjadi cawapres.

“Dalam Rakernas 2011 kan Pak Hatta diputuskan sebagai capres, kalau keputusan itu mau diubah, harus melalui Rakernas,” ujarnya.[]