Masuki Hari Keempat, Kapolri Klaim Kampanye Aman

79

JAKARTA, WB- Kapolri Jenderal Pol Sutarman menyatakan selama empat hari masa kampanye terbuka pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh parpol ataupun caleg.

Menurut Kapolri, memang ada laporan yang masuk soal dugaan money politics. Namun hal itu belum bisa dibuktikan dan harus dianalisis kembali.

“Apakah itu masuk ranah money politics atau tidak.Karena jika orang membagikan uang kepada peserta kampanye untuk beli makan, itu namanya anggaran kampanye,” kata Sutarman.

Tetapi tentu saja, bila yang terjadi adalah membagi-bagikan uang kepada para pemilih untuk memilih calon tertentu, baru hal itu bisa disebut politik uang. “Di dalam prosesnya nanti akan kita tindak lanjuti,” ujar Sutarman.

Menurutnya, kondisi aman ini adalah berkat bantuan masyarakat yang memang benar-benar sudah menyadari akan pentingnya proses demokrasi. Sejatinya keamanan memang bergantung pada masyarakat. “Kalau masyarakat kita menghendaki aman, maka Insya Allah akan aman,” kata dia, menambahkan.

Kapolri berjanji, bersama unsur keamanan lainnya akan mengawal proses demokrasi sehingga pelaksanaannya berjalan aman.

Terkait kejadian Ahad (16/3) lalu, yakni soal kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan pembawa surat suara untuk pemilih tuna netra di Aceh, menurut Kapolri hal itu sudah ditangani.

“Itu sudah dibantu. Logistik sudah kita dorong sampai ke KPUD yang ada di Aceh,” katanya.[ ]