Muda dan Pengalaman, Priyo Cocok Jadi Cawapres

40

JAKARTA, WB –  Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menilai jika Priyo Budi Santoso adalah orang yang layak diusung untuk dijadikan calon wakil presiden (Cawapres) dari Partai Golkar pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, Juli nanti.

Menurut Emrus, pria yang menjabat sebagai wakil ketua DPR RI saat ini memiliki latar belakang yang baik dalam bidang pemerintahan maupun urusan dalam organisasi.

Atas dasar itulah, Emrus menilai jika Priyo layak untuk menjadi pendamping calon presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo (Jokowi) ataupun Capres dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto.

“Kalau boleh saya menegaskan, saya kira Partai Golkar perlu mencalonkan Priyo Budi Santoso sebagai alternatif Cawapres bagi Prabowo maupun Jokowi,” kata Emrus saat ditemui di Kantor Founding Fathers House (FFH), Jakarta Selatan, Rabu (23/4).

Selain dua hal tersebut, Emrus menilai jika Priyo mampu menutupi kekurangan Jokowi di bidang pertahanan dan keamanan, serta pada bidang konflik politik dalam negeri dan luar negeri.

“Jadi, kelebihan yang dimiliki oleh Priyo, sangat cocok dan pas jika dia mendampingi Jokowi. Apalagi usia Priyo tergolong masih muda,” tutur pria yang juga menjadi dosen di UPH ini.

Di sisi lain, tidak sedikit pihak mengatakan jika mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) dinilai cocok mendampingi Jokowi pada Pilpres 9 Juli 2014 nanti. Namun bagi Emrus, JK mempunyai kelebihan yang luar biasa, sehingga baginya JK tidak pantas menduduki jabatan sebagai wapres nanti.

“Dari sudut kemampuan, JK terlalu luar biasa, dan menurut saya JK itu sangatlah tidak pantas untuk menduduki jabatan sebagai wapresnya  Jokowi. Kalau boleh saya katakan secara kemampuan dan ketokohannya jauh di bawah JK,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie telah memberikan restu kepada tiga orang kadernya, apabila ada Parpol yang hendak meminang menjadi Cawapres. Ketiga kader Partai Golkar itu yakni JK, Luhut Binsar Pandjaitan, serta yang terakhir Akbar Tandjung.

Namun, nama Priyo pun lantas mencuat dari sejumlah pengamat. Bahkan, beberapa kader partai berlogo Pohon Beringin tersebut malah tetap menjagokan Priyo untuk diusung sebagai Cawapres 2014. Salah satunya adalah politikus senior Partai Golkar, Zainal Bintang.[]