Netizen Minta yang Merokok Hari ini Dihukum

89

JAKARTA, WB – Netizen khususnya pengguna jejaring sosial twitter meminta kepada masyarakat yang “ketangkap basah” merokok dikenai sanksi tegas. Untuk hari ini saja tweeps meminta untk perokok aktif dilarang merokok. Pasalnya hari ini Selasa (31/5) berbarengan dengan peringatan Hari tanpa tembakau sedunia.

“Hari Tanpa Tembakau Sedunia harusnya dibarengi dengan pemberian izin untuk naboki orang yang merokok di depan kita tanpa minta izin,” tulis seorang netizen dengan nama @alfinFmalik seperti penelusuran Wartabuana.com, Jakarta, Selasa (31/5).

Selain itu, mereka juga menyuarakan pentingnya kesehatan tanpa merokok. “STOP Merokok! Kami bukan Asbak. Selamatkan Indonesia dari asap rokok!” imbuh netizen lainnya.

“Ladies, hari ini tuh Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Gaya hidup lbh sehat, kulit makin cantik!” susul tweeps yang lainnya.

Perlu diketahui Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa.

Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok. []