Netizen Peringati 10 Tahun Gempa Yogyakarta

107

JAKARTA, WB – Netizen atau para penghuni dunia maya ramai-ramai menulis peristiwa penting gempa maha dahsyat yang meluluhlantakan Provinsi DI Yogyakarta. Mereka masih mengingat gempa yang terjadi pada 27 Mei 2006. Para tweeps atau pengguna twiiter menggunakan tagar #10thGempaJogja.

Seperti penelusuran Wartabuana.com tagar tersebut sudah mencapai 2.199 cuitan. “Mengawali pagi dengan iringan doa teruntuk teman & mereka semua yg menjadi korban gempa 10 th silam,” kicau @tom_sidq beberapa waktu lalu.

“27 Mei 2006 Pukul 05:55 Wib tepat 10 tahun Gempa Jogja,” tulis netizen yang masih ingat betul peristiwa gempa Yogyakarta.

“Traumaku ttng gempa sulit hilang pdhl dh 10th brlalu Tiap di jln raya papasan dgn truk trailer disitu berasa ada gempa lgi,” tulis @MugiaPrameswari.

“cukupkah bagimu merenungkan kembali bahwa Tuhan masi memberikanmu kesempatan hidup sekali untuk berburu kebaikan. Bersyukur,” kata @abdeen_muh bijak.

Perlu diketahui pada 27 Mei 2006 peristiwa gempa Bumi tektonik kuat mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah terjadi sekitar pukul 05:55:03 WIB selama 57 detik. Gempa Bumi tersebut berkekuatan 5,9 pada skala Richter. United States Geological Survey melaporkan bahwa gempa terjadi sebesar 6,2 pada skala Richter.

Meskipun pada saat bersamaan Gunung Merapi yang juga berada di sekitar daerah tersebut sedang meletus, namun para pakar menyatakan kedua peristiwa ini tidak saling berhubungan sebagai sebuah sebab-akibat. Peningkatan aktivitas di gunung api tersebut tidak berhubungan dengan kejadian gempa. Hal ini ditunjukkan oleh tidak terdapatnya anomali aktivitas yang mencolok sesaat setelah gempa. []