PDIP Gelar Acara HUT Bung Karno

143

JAKARTA, WB – Demi menyambut hari lahirnya presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang jatuh pada tanggal 6 Juni 1901, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menggelar pesta panggung rakyat yang diikuti oleh sebagian kalangan masyarakat DKI Jakarta di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

 

Berbagai acara yang bertajuk “Bung Karno Bapak Bangsa” ini menyuguhkan tarian rakyat dan pesta musik, serta berbagai macam pameran makanan dan batu akik. Tak lupa acara tersebut juga akan memamerkan beberapa foto Bung Karno.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, kader PDI Perjuangan seperti, Rieke Diah Pitaloka, Nico Siahaan, Puti Guntur Soekarno dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang berasal dari PDI Perjuangan, serta putra Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo.

 

Ketua Panitia acara, Abidin Fikri mengatakan, acara ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar tiap bulan Juni oleh PDI Perjuangan dalam memperingati hari lahir Bung Karno, sekaligus memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

 

“Karena pada tanggal 1 Juni Bung Karno menyampaikan pidato yang cukup legendaris mengenai dasar negara. Yang meletakkan 5 prinsip dasar bahwa Indonesia merdeka, yang sekarang kita anut didalam UUD 45,” kata Abidin kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (6/6/2015).

 

Abidin yang juga merupakan anggota DPR RI Komisi IX menjelaskan, acara ini merupakan rangkaian dari acara memperingati bulan Bung Karno.

 

“Kita kemarin 1 Juni melaksanakan kegiatan hari lahirnya Pancasila dan tanggal 6 Juni merupakan hari lahirnya Bung Karno. Dan tanggal 21 Juni merupakan hari wafatnya Bung Karno,” ujarnya.

 

Nantinya pada tanggal 21 Juni, PDI Perjuangan juga akan menggelar acara haul wafatnya Bung Karno. “Kita nanti juga akan meminta pendapat dari masyarakat tentang ketokohan Bung Karno,” pungkasnya.[]