Pesawat Jupiter Bersenggolan, Bukan Tabrakan

188

CIMAHI, WB – Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan peristiwa dua pesawat Jupiter milik tim aerobatik TNI AU yang jatuh di Malaysia, bukan tabrakan langsung tetapi karena terjadi senggolan sayap pesawat.

 

“Dia bukan tabrakan, bersenggolan,” kata Moeldoko usai meresmikan Wisma Bela Negara Siliwangi di Lapangan Tembak Terpadu, Gunung Bohong, Kota Cimahi, Jabar, Senin (16/3/2015).

 

Ia menuturkan, jatuhnya pesawat di langit negara tetangga itu hanya persoalan teknis. Secara kasat mata dua pesawat itu terlihat sejajar yang jaraknya hanya beberapa centimeter. Ada ruang udara kosong yang saling menarik dua pesawat itu, kemudian terjadi benturan diujung sayap pesawat.

 

“Ada udara kosong, ada kecenderungan di atas tarik kebawah, di bawah juga sama, sehinga ada benturan diujung sayap,” katanya.

 

Pihaknya telah mengirimkan tim investigasi untuk menyelidiki peristiwa itu, dan melihat kondisi pilot pesawat jatuh itu.

 

Kecelakaan itu terjadi, Minggu (15/3/2015) sekitar pukul 14.00 waktu setempat ketika kedua pesawat Jupiter itu melintasi ruang udara MIEC, kemudian sayap dua pesawat bertabrakan dan terhempas. []