Presiden Hadiri HPN 2014

192

BENGKULU, WB –  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri  Hari Pers Nasional (HPN) di Benteng Marlborough Bengkulu, Minggu (9/2/2014).

 

Menurut Ketua Panpelda HPN 2014, Azwar Burhan peringatan HPN tahun ini menjadi yang pertama diselenggarakan di luar gedung. Pemilihan Benteng Marlborough dianggap sesuai dengan motto HPN 2014, yakni Pers Sehat Rakyat Berdaulat.

 

Motto tersebut mengandung makna pers harus menjadi benteng yang kuat demi terciptanya masyarakat yang sejahtera dan demokratis. Benteng Marlborough di kawasan Pantai Paderi, Bengkulu dibangun oleh Hindia Belanda pada 1713-1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini dianggap sebagai benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur setelah benteng St. George di Madras, India.

 

Presiden akan memberikan Anugerah Medali Emas spirit Jurnalistik, Medali Emas Persaudaraan Pers, serta penghargaan Kepeloporan Pelatihan Wartawan.

 

Presiden direncanakan akan meninjau Tugu Pers seusai  acara, serta dilakukan penanaman pohon dan pelepasan anak penyu ke laut. []