Provinsi Shandong Laporkan Satu Kasus Asimtomatik COVID-19

22
Seorang staf memproses sampel usap untuk tes COVID-19 di sebuah laboratorium di Qingdao, Provinsi Shandong, China timur, pada 16 Oktober 2020. (Xinhua/Li Ziheng)

WARTABUANA – Satu kasus asimtomatik COVID-19 ditemukan dalam pemeriksaan rutin terhadap para pekerja rantai makanan beku di Kota Jiaozhou, Provinsi Shandong, China timur, demikian disampaikan otoritas setempat pada Selasa (1/12).

Pembawa virus (carrier) bermarga Li, 30 tahun, merupakan pekerja bongkar muat (loader) yang juga terlibat dalam pekerjaan disinfeksi di Qingdao Gain Seafood Co. Ltd., menurut Komisi Kesehatan Kota Qingdao, yang mengelola Jiaozhou.

Sebagai pekerja rantai makanan beku, Li menjalani tes asam nukleat COVID-19 secara teratur sesuai dengan aturan pencegahan dan dinyatakan positif pada Senin (30/12).

Sampel kemasan dari sejumlah makanan laut (seafood) beku yang diangkut Li teruji positif COVID-19. Produk-produk tersebut telah disegel.

Sejauh ini, otoritas kesehatan di Qingdao menemukan 486 orang yang melakukan kontak dekat dengan Li, dan mereka telah dikarantina untuk menjalani observasi medis dan tes COVID-19. Sebanyak 478 di antaranya dinyatakan negatif, sementara sisanya belum diketahui.

Qingdao saat ini sedang melakukan penapisan (screening), mengarantina dan menguji personel, menyegel dan mendisinfeksi berbagai area, serta melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan orang yang berisiko tertular.[Xinhua]