Ribuan Netizen Ucapkan Hari Kartini

138

JAKARTA, WB – Masyarakat luas tak lupa peringatan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini Kamis (21/4). Hari Kartini menjadi momen yang tak terlupakan lantaran sejak kita duduk di bangku sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) mengikuti momen penting itu. Seperti mengenakan kebaya ataupun atribut lainnya yang bertemakan hari Kartini. Inilah yang masih diingat para netizen tentang hari Kartini. Ribuan ucapan serta doa tersemat untuk pejuang perempuan Indonesia.

“Selamat Hari Kartini. Habis gelap terbitlah Terang,” tulis pemilik akun dengan nama dillabunga seperti ditelusuri Wartabuana.com, Jakarta, Kamis (21/4).

“Selamat hari #Kartini semoga sukses dan tercapai angan – angan dan cita – citamu,” imbuh @huda0487.

“Selamat Hari Kartini . Untuk setiap wanita, derajat kalian sudah ditinggikan, jgn merendahkan diri demi sesuatu yg kalian sebut “Gaya Hidup”,” susul netizen dengan nama @AhmadSamsul_.

Seperti diketahui Kartini bernama lengkap Raden Adjeng Kartini. Mungkin sebagian masyarakat sudah mengenalnya terlihat yang hafal menyanyikan lagu wajib Ibu Kartini. RA Kartini dikenal sebagai emansipasi wanita.

Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879. Dia meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 di usianya yang masih muda baru menginjak 25 tahun.

Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini. []